Senin, 14 Maret 2011

Tips Aman Mengedit Template

Blogger mana coba didunia ini yang gak mau blognya nampak cantik dan keren. kebanyakan dari para blogger membuat beberapa perubahan didalam blognya dengan cara menambahkan widget ataupun dengan mengedit html pada template.


eits! tahan dulu, sebelum sampai ketahap mengedit html template, kira-kira kalian tau nggak gimana cara aman mengedit template tersebut? yang pasti kalian gak mau kan, hanya karena salah masukkan kode atau ada satu kode html yang terhapus, blog kalian jadi gak bisa tebuka lagi. gak lucu kan? tentu tidak.
makanya disini aku ngasi tips ni buat kalian-kalian yang mau ngedit template tanpa harus ragu-ragu dan khawatir jikalau templatenya rusak.


berikut tips-tipsnya:
  1. sebelum mulai mengedit, sebaiknya kalian meng-Download Template Lengkap. cari kata-kata berikut (yang saya tebalkan itu) kemudian klik, dan desaign template kalian akan terdownload. apabila sewaktu-waktu kalian mau menggunakannya kembali, kalian bisa langsung menguploadnya kok.
  2. beri tanda ceklist atau centang pada kata-kata Expand Template Widget. kalau boleh jujur sih, sebenarnya aku gak terlalu paham kali fungsi dari mencentang kata-kata ini, tapi asal aku mau ngedit template dan aku centang kata-kata ini, html template nya yang semula berserak jadi rapi gitu, jadi ku rasa gunanya untuk merapikan kali ya hehehe -__-"
  3. sewaktu kita ingin mempraktekkan salah satu tutorial yang kita liat, biasanya kita disuruh menysisipkan kode html dan disuruh mencari kode html yang lain, misalnya kaya: (<data:label.count/>) dari begitu banyak kode-kode abstrak yang ntah hapa maksudnya itu, masa kalian mau nyarinya sat persatu, lama man! dapet sih dapet, bisa aja, tapi abis itu kriting mata kelen. mau tau cara mudahnya? ni ku kasi ni. pertama klik menu File ----> Find in This Page. setelah kita mengklik kata-kata tersebut biasanya keluar kotak pencarian, yaudah deh, masukkan kode html yang mau kalian cari itu ke kotak tersebut dan wala! dapatlah html yang mau kalian cari tanpa harus membuat mata kriting mehehehe....
baguskan tips aku kali ini, semoga berhasil ya buat teman-teman yang mau mengedit templatenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar